Rabu, 02 September 2015

Kota Malang Tercinta

Assalamu’alaikum semua
Semoga semua pembaca blog saya dimanapun anda berada selalu dalam keadaan sehat wal’afiat
Baiklah untuk tulisan pertama saya, saya akan membahas tentang kota kita tercinta yaitu Kota Malang. Tetapi, tulisan ini berdasarkan pemikiran saya tentang Kota Malang. Jadi saya mohon maaf jika tulisan saya ini berbeda dengan pemikiran anda semua. Baiklah, Kota Malang dikenal juga sebagai kota yang dingin. Memang tak sedikit orang yang mengakui hal itu. Bahkan untuk para pendatang yang datang dari daerah yang panas, suhu di Kota Malang ini dinilai cukup ekstrim.
Bagaimana tidak, di pagi hari saja suhu bisa mencapi 20oC. Hal itu bisa membuat kita berpikir ulang untuk mandi di pagi hari tentunya. Tetapi, Kota Malang tentunya tidak sedingin dulu. Hal tersebut dikarenakan berkurangnya jumlah pohon di Kota Malang. Hal ini terbukti dengan banyaknya mall yang berdiri kokoh di Kota Malang. Walaupun begitu, tidak sedikit juga hutan kota yang tetap dilestarikan oleh Pemerintah Kota Malang. Salah satunya yang sedang hangat dibicarakan adalah Hutan Kota Malabar. Hutan Kota Malabar yang sedang direnovasi ini, menuai pro dan kontra. Ada warga yang melakukan demo untuk menghentikan renovasi Hutan Kota Malabar. Dan ada pula yang mendukung renovasi Hutan Kota Malabar.
Setelah membahas suhu di Kota Malang, saya akan melanjutkan tentang budaya dan ciri khas Kota Malang. Jika anda mendengar kata “budaya dan ciri khas Kota Malang”, apa yang terbesit di pikiran anda? Apakah tarian, makanan, kerajinan, ataukah gaya bahasa Kota Malang? Baiklah, pada kesempatan ini kita bahas satu persatu hal tersebut. Jika anda sekolah dari jenjang sekolah dasar di Malang, mungkin anda pernah membuat suatu kerajinan tangan. Salah satunya adalah topeng. Kemudian, topeng tersebut akan dihias sesuai dengan imajinasi masing-masing. Selain sebagai karya tangan, topeng juga sering dipertunjukkan dalam bentuk tarian. Yak, topeng malangan. Biasanya topeng malangan ini dipertunjukkan pada saat acara-acara tertentu. Misalnya, menghormati tamu, kelulusan, ulang tahun Kota Malang dan sebaginya. Jadi, bisa dikatakan bahwa topeng Malangan ini merupakan tarian Kota Malang yang cukup terkenal.
                Mungkin, diantara pembaca sudah cukup mengerti tentang topeng malangan. Baiklah kita akan melanjutkan topik kita yang selanjutnya. Hmmm, sepertinya diantara pembaca ada yang sudah mulai lapar. Tepat sekali dengan topik yang akan kita bahas kali ini. Benar sekali, kita akan membahas salah satu makanan yang berbahan dasar kedelai (bukan keledai lho). Benar sekali, tempe. Tempe merupakan makanan yang sangat populer di Kota Malang. Di Malang, cukup mudah untuk mencari kios atau toko yang menjual aneka olahan tempe. Terutama jika kita sedang menulusuri daerah Sanan. Banyak sekali toko oleh-oleh yang menyediakan berbagai macam olahan tempe. Tapi, sekarang kita akan berbicara tentang kripik tempe. Makanan ringan yang renyah ini, banyak sekali peminatnya. Apalagi, dengan variasi rasa yang bermacam-macam. Tentunya lebih menggugah selera kita untuk terus melahap makanan ringan ini. Dengan harga yang cukup terjangkau berkisar Rp 10.000,00, anda sudah bisa menikmati maknan ringan yang gurih ini. Selain murah dan enak, kripik tempe ini tentunya juga sehat. Karena kripik tempe mengandung protein yang berasal dari kedelai dan tentunya berguna bagi tubuh.
                Memang, tidak cukup satu hari untuk menggali informasi tentang Kota Ngalam. Ngalam? Mungkin pembaca yang arema asli tidak asing dengan istilah “Ngalam”. Baiklah, yang terkenal lagi di Kota Malang adalah bahasa “Ngalam” yang cukup unik. Keunikannya adalah, kita membalik kata yang akan kita ucapkan. Bisa kita biasa memanggil orang yang lebih tua (untuk laki-laki) kita biasa menggunakan mas. Maka bagi warga Malang, biasa mengucapkannya dengan kata “sam”. Memang sulit untuk pertama kali jika kita menggunakan bahasa ini. Tapi dengan berjalannya waktu, kita akan terbiasa menggunakan bahasa ngalam ini.
Mungkin, cukup sampai disini untuk tulisan pertama saya
Saya mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati anda
Semoga, kita tetap berada dalam lindungan Allah S.W.T.
Akhir kata, Wassalamu’alaikum

                

Tidak ada komentar:

Posting Komentar